Minggu, 01 Januari 2012

RPP BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :  IV / 2
Alokasi Waktu           :  2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
5.  Mendengarkan pengumuman

B.     KOMPETENSI DASAR
5.1  Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**
§  Siswa dapat menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§  Siswa mende-ngarkan pengumuman yang diba cakan
§  Siswa mencatat pokok-pokok pengumuman
§  Siswa menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat
§  Siswa mende-ngarkan pengu-muman dengan   topik berbeda

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI AJAR
§  Teks pengumuman

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Ceramah, latihan, dan penugasan.

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang cara mendengarkan pengumuman yang baik dan tepat.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak penjelaskan guru tentang cara mendengarkan pengumuman yang yang baik dari media elektronik/radio atau orang.
F Guru meminta salah seorang siswa membacakan pengumuman yang terdapat pada lampiran Buku Bina Bahasa Indonesia 4b dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Setiap siswa mendengarkan dengan cermat pengumuman yang dibacakan salah seorang teman.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Semua siswa mencatat pokok-pokok pengumuman dengan menjawab daftar pertanyaan dan mendiskusikan kepada teman sebangkunya.
F Selanjutnya, siswa diminta menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat.
F Siswa menyampaikan isi pengumuman dengan kata-kata sendiri di depan kelas.
F Siswa lain diberi kesempatan memberikan komentar.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diberi tugas mencari pengumuman di koran, majalah atau di sekolah. Kemudian mencatat pokok-pokok pengumuman tersebut dan menuliskan ke dalam beberapa kalimat saja untuk disampaikan di depan kelas.

G.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
§  Standar isi
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
§  Surat kabar dan majalah

H.    PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menulis-kan pokok-pokok pengumuman
·  Menuliskan isi pengumuman
·  Menyampaikan kembali isi pengumuman
·  Mende-ngarkan pengumuman lain dan menyampaikan nya kembali
Teknik tes:
 Lisan
Non tes: 
perbuatan

Bentuk:
Unjuk kerja
Instrumen: 
Lembar penilaian unjuk kerja
·  Tulislah isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat!
·  Sampaikanlah isi pengu-muman dengan intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat!
 ____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
 ____________________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1






 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :           IV / 2
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI:
      5.   Mengarkan pembacaan pantun.

B.     KOMPETENSI DASAR:
      5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§  Siswa mendengarkan pembacaan pantun
§  Siswa menirukan pembacaan pantun
§  Siswa menjelaskan isi pantun dengan cara menjawab pertanyaan

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Pantun anak
§  Gambar yang berhubungan dengan pantun

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Pemberian tugas
§  Ceramah

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru menjelaskan kepada siswa untuk memperhatikan gambar ketika mendengarkan pembacaan pantun, karena gambar tersebut berhubungan dengan pantun yang dibacakan.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan pantun anak dengan suara yang jelas sambil menunjukkan gambar yang menceritakan tentang isi pantun.
F Siswa mendengarkan guru membacakan pantun sambil memperhatikan gambar yang menceritakan isi pantun pada buku Bina Bahasa Indonesia
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menirukan guru membacakan tiga buah pantun yang terdapat pada lampiran buku Bina Bahasa Indonesia 4b dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Siswa mencatat ketiga pantun tersebut ke dalam buku tugasnya.
F Guru mengajukan pertanyaan tentang isi pantun yang dibacakan.
F Siswa menjawab pertanyaan dengan mendiskusikan bersama kelompoknya.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta mencari pantun anak bersama kelompoknya. Kemudian, membacakannya di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang tepat.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar Isi
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
§  Surat kabar dan majalah anak.

H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
·  Menjawab pertanyaan ten   tang isi pantun
Teknis tes: tertulis
Non tes: perbuatan

Bentuk: produk dan penugasan
Instrumen: daftar tugas
·  Jelaskan isi pantun dengan cara menjawab pertanyaan!
 ______________________________________________________________________________
Catatan / Saran:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 _____________________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1





 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :   IV / 2
Waktu                    :   2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI:
       6.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun.

B.     KOMPETENSI DASAR:
       6.1  Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§  Siswa membaca pantun berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai
§  Siswa mencatat kata-kata sukar di dalam pantun.
§  Siswa mencari makna istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun.

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi:
§  Pantun berbalas-balasan.

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Pemberian tugas
§  Demontrasi
§  Kerja kelompok

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru membentuk dua kelompok, yaitu kelompok A dan B. Kedua kelompok akan berbalas pantun yang terdapat pada buku Bina Bahasa Indonesia 4b halaman 47.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Kelompok A membaca pantun 1. Kemudian, kelompok B melanjutkan dengan membaca pantun 2.
F Setelah itu, kelompok A membaca pantun 3 dan kelompok B melanjutkan dengan membaca pantun 4.
F Siswa mengungkapkan pesan yang terkandung dalam setiap pantun di halaman 47.
F Sebelum mengungkapkan, siswa menulis dahulu di buku tugasnya.
F Siswa mengungkapkan pesan pantun 1 sampai dengan 4.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Pada akhir kegiatan, siswa diminta memberikan Penilaian kepada teman yang mengungkapkan pesan. Jika, ada yang kurang tepat dibicarakan bersama-sama.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
§  Kumpulan pantun anak bertema pendidikan.

H.    PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca pantun secara berbalasan
·   Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
·  Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan  kamus
·  Menjawab pertanyaan tentang isi pantun
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk

Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian unjuk kerja
·  Jawablah pertanyaan tentang isi pantun!
·  Bacalah pantun berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai !
 _____________________________________________________________________

Catatan / Saran:
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1






 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :   IV / 2
Alokasi Waktu       :  2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI:
       6.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan infomasi dengan bertelepon.

B.     KOMPETENSI DASAR:
       6.2  Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
§  Siswa dapat memperagakan percakapan bertelepon
§  Siswa dapat mencatat pesan penelepon

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Pesan telepon

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Penugasan, bermain peran, latihan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru menjelaskan manfaat pesawat telepon dalam kehidupan sehari-hari.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta tiga orang siswa memerankan percakapan bertelepon yang terdapat pada Buku Bina Bahasa Indonesia 4b pada halaman 3 sesuai dengan peran tokoh masing-masing.
F Tiga orang siswa memerankan tokoh yang ada dalam percakapan. Ada yang berperan sebagai Zaki, si penelepon dan ada yang berperan sebagai Ina, penerima telepon. Satu orang lagi sebagai Indra, penerima pesan.
F Sambil menerima telepon, tokoh Ina mencatat pesan yang diterima dari Zaki ke dalam format Catatan Telepon Masuk seperti tampak di bawah ini.


Catatan Telepon Masuk
Hari dan tanggal terima: _____________________ pukul _____________________
Penelepon                    : _______________________________________________
Penerima                      : _______________________________________________
Ditujukan kepada          : _______________________________________________
Isi berita                        : 1. _____________________________________________
                                        2. _____________________________________________
                                        3. _____________________________________________
                                                                                                             Penerima,


                                                                                                      ________________

F Selanjutnya guru meminta tokoh Ina menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon kepada tokoh Indra.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diberi tugas bersama teman sebangkunya untuk bertelepon di telepon umum, telepon rumah, wartel, atau bermain peran menggunakan percakapan bertelepon berisi pesan yang dibuat sendiri.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b

H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Mencatat pesan penelepon
·  Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja

Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk kerja
·  Peraga-kanlah percaka-pan berte-lepon!
 ____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
@  

                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :  IV / 2
Alokasi Waktu       :  2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI:
      7.   Memahami teks melalui membaca intensif.

B.     KOMPETENSI DASAR:
      7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
§  Siswa dapat membaca teks terdiri bebe-rapa paragraf.
§  Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
§  Siswa dapat menuliskan kalimat uta-ma tiap paragraf
§  Siswa dapat meringkas teks dengan kalimat runtut.
§  Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata sukar
§  Siswa dapat menggunakan kata sukar dalam kalimat
§  Siswa dapat menggunakan kata depan di, ke, dan dari   dalam kalimat

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Teks bacaan

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Tanya jawab
§  Diskusi kelompok
§  Pemberian tugas

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang kalimat utama dalam bacaan dengan memberi contoh yang terdapat dalam sebuah paragraf bacaan.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
F Siswa dapat membaca teks terdiri bebe-rapa paragraf.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membaca teks yang terdapat dalam Bina Bahasa Indonesia 4b hal. 4 dan 5 secara intensif tanpa suara.
F Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
F Siswa membandingkan jawaban pertanyaan teks dengan pekerjaan teman sebangkunya.
F Siswa membicarakan bersama teman sebangku bila ada perbedaan jawaban.
F Bersama teman kelompok, siswa mencari kalimat utama pada setiap paragraf teks yang dibaca.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Selanjutnya, siswa diminta meringkas teks bacaan dengan cara merangkaikan kalimat-kalimat utama pada setiap paragraf bacaan.
F Siswa melaporkan hasil kerjanya di depan kelas.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi
§  Bina Bahasa Indonesia 4b

H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menjawab pertanyaan
·  Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf
·  Meringkas isi bacaan
·  Mengartikan kata-kata sukar  dalam teks
·  Menggunakan kata-kata sukar dalam bacaan
·  Menggunakan kata depan di, ke, dan dari.
Teknik tes:
Tertulis, lisan
Non tes: Perbuatan
Bentuk: jawaban singkat dan
unjuk kerja

Instrumen: Lembar tugas, daftarpertanyaan,dan lembar penilaian unjuk kerja

·  Ringkaslah teks dengan kalimat runtut !
·  Identifikasi-lah kata-kata sukar yang terdapat dalam teks!
______________________________________________________________________

Catatan/Saran:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :           IV / 2
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI:
       7.  Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun.

B.     KOMPETENSI DASAR:
       7.2            Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat menyampaikan isi pengumuman secara lisan.
§  Siswa dapat menuliskan kalimat utama pada setiap paragraf  bacaan

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Pengumuman lisan dan teks bacaan.

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Pemberian tugas
§  Demontrasi

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang kalimat utama dalam bacaan suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Menyampaikan isi pengumuman secara lisan
F Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membandingkan jawaban pertanyaan teks dengan pekerjaan teman sebangkunya.
F Siswa membicarakan bersama teman sebangku bila ada perbedaan jawaban.
F Bersama teman kelompok, Siswa menuliskan kalimat utama pada setiap paragraf  bacaan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Selanjutnya, siswa diminta pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Siswa melaporkan hasil kerjanya di depan kelas.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi.
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b.
§  pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.

H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menyampaikan isi pengumuman secara lisan
·  Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf dalam bacaan
Lisan dan tertulis
Instrumen: Lembar tugas, daftarpertanyaan,dan lembar penilaian unjuk kerja

·  Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf  bacaan !
 ______________________________________________________________________
Catatan / Saran:
.............................................................................................................................................
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :           IV / 2
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI:
       7.  Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun.

B.     KOMPETENSI DASAR:
       7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat dan dapat menjelaskan isi pantun.

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Pantun yang dibuat kelompok.

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Pemberian tugas
§  Demontrasi

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru membagi siswa dalam dua kelompok untuk membaca pantun secara berbalas-balasan.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat dan dapat menjelaskan isi pantun
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa kelompok 1 membacakan pantun 1. Kemudian, kelompok 2 membalasnya dengan membaca pantun 2.
F Siswa kelompok 1 membacakan pantun 3 dan kelompok 2 melanjutkannya dengan membaca pantun 4
F Siswa mencatat kata-kata yang sukar ke dalam tabel dan mencari artinya di dalam kamus.
F Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyerahkan hasil kerjanya untuk mendapatkan Penilaian.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi.
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b.
§  Kumpulan pantun anak.

H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca pantun secara berbalasan
·   Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
·  Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan  kamus
·  Menjawab pertanyaan tentang isi pantun
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk

Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian unjuk kerja
·  Catatlah kata-kata sukar di dalam pantun !
·  Carilah makna istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus!


______________________________________________________________________

Catatan / Saran:
.............................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       :  IV/2
Alokasi Waktu       :  2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI:
       8.  Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.

B.     KOMPETENSI DASAR:
       8.1  Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
              penggunaan ejaan (huruf besar        dan tanda baca)

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana berdasarkan rangkaian gambar.
§  Siswa menentukan tema karangan.
§  Siswa menyusun kerangka karangan.
§  Siswa mengembangkan kerangan menjadi karangan yang padu.
§  Siswa dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca yang sesuai.

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Karangan anak

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Ceramah
§  Pemberian tugas


F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru mengajak siswa mengamati dan menjelaskan maksud rangkaian gambar yang terdapat dalam Buku Bina Bahasa Indonesia 4b, hal. 9.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mengamati rangkaian gambar dengan cermat dan teliti.
F Siswa memberi keterangan/maksud masing-masing gambar tersebut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membuat kerangka karangan dengan cara memberi perincian terhadap keterangan yang telah ditulisnya.
F Siswa mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan yang padu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mengembangkan keterangan yang ada di bawah gambar nomor 1, 2, 3, dan 4 menjadi kalimat utama.
2. Mengembangkan keterangan pada huruf a, b, c, seperti contoh di Buku Bina Bahasa Indonesia 4b hal. 9.
3. Pengembangan kerangka tersebut disusun ke bawah.
4. Memberi judul yang sesuai.
5. Memperhatikan penggunaan ejaan dalam karangan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melaporkan hasil kerjanya dengan cara menceritakan atau menyampaikan  kepada teman-temannya di depan kelas.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b




H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menentukan tema karangan.
·  Menyusun kerangka karangan.
·  Mengembang-kan kerangka ka- rangan menjadi karangan yang padu
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk

Instrumen: Pedoman penilaian produk.
·  Susunlah kerangka karangan dan kemudian  mengem-bangkan kerangka karangan menjadi karangan yang padu!

 ______________________________________________________________________
Catatan/saran:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :           IV / 2
Waktu                        :           2 x 35 menit
Tema                          :           Teknologi Sederhana

A.    STANDAR KOMPETENSI:
       8.  Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.

B.     KOMPETENSI DASAR:
       8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat membuat naskah pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Ejaan dan tanda baca.

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Pemberian tugas

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru menjelaskan kepada siswa tentang maksud dan tujuan pengumuman dengan menampilkan contoh pengumuman.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mengenal cara menulis pengumuman dengan mendengarkan penjelasan guru.
F Siswa membaca kalimat-kalimat yang merupakan naskah pengumuman yang masih tersusun acak.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyusun kalimat acak menjadi naskah pengumuman yang padu.
F Siswa membacakan naskah pengumuman yang sudah tersusun baik di depan kelompoknya masing-masing dengan suara keras dan jelas.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Akhir kegiatan, siswa diminta membuat naskah pengumuman sendiri tentang lomba membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Selengkapnya, lihat Bina Bahasa Indonesia 4b pada halaman 39.

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi
§  Bina Bahasa Indonesia 4b
§  Surat kabar atau majalah

H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca naskah pengu-muman acak
·  Menyusun naskah pengu-muman acak menjadi peng-umuman padu disertai penggu-naan ejaan dan tanda baca yang sesuai
Menulis naskah pengumuman sendiri
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk

Instrumen: daftar tugas dan lembar penilaian produk.
·  Susunlah naskah pengumuman yang tersusun acak menjadi pengumuman yang padu disertai penggunaan ejaan dan tanda baca yang sesuai !
·  Tulis lah naskah pengumu-man sendiri dengan bahasa yang baik dan memperha-tikan peng-gunaan ejaan yang sesuai !
 ______________________________________________________________________
Catatan / Saran:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :   IV / 2
Alokasi Waktu       :   2 x 35 menit
Tema                      :  Disiplin


A.    STANDAR KOMPETENSI:
       8.  Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.

B.     KOMPETENSI DASAR:
       8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§  Siswa dapat membuat pantun yang menarik tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    MATERI:
§  Pantun anak.

E.     METODE PEMBELAJARAN:
§  Ceramah
§  Kerja kelompok
§  Pemberian tugas

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§  Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Guru menjelaskan ciri-ciri pantun dengan memberi contoh pantun anak tentang kedisiplinan yang terdiri empat baris. Kemudian, pada suku kata akhir setiap baris pantun diberi garis tebal sebagai ciri pantun.
§  Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun sambil mendengarkan penjelasan guru.
F Siswa mencoba menyimpulkan ciri-ciri pantun bersama kelompoknya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyusun pantun acak yang ditugaskan guru pada halaman 23, buku Bina Bahasa Indonesia 4b menjadi pantun yang padu dan menyalinnya di buku tugas.
F Siswa menyempurnakan pantun-pantun di halaman 24 buku Bina Bahasa Indonesia 4b dengan memilih pasangan yang tepat.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta membuka kembali buku Bina Bahasa Indonesia 4b halaman 19. Pada halaman tersebut terdapat percakapan. Pada percakapan itu, Luki dan kelompoknya harus membuat pantun yang bertema kedisiplinan sebanyak dua bait! Pantun pertama bersajak silang (a-b-a-b) dan pantun kedua bersajak rata (a-a-a-a). Nah, bantulah Luki dan kelompoknya membuat pantun tersebut!

G.    ALAT DAN SUMBER:
§  Standar isi
§  Bina Bahasa Indonesia 4b

H.    PENILAIAN:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menyusun pantun anak
·  Menyempurna-kan pantun
·  Membuat pantun sendiri tentang ketekunan
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: produk

Instrumen: lembar penlaian produk
·  Susunlah pantun acak menjadi pantun yang padu!
·  Buatlah pantun sendiri dengan tema   ketekunan


 _____________________________________________________________________
  Catatan / Saran:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 ______________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1
4
2
1
4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar